Belajar Mengetik 10 Jari – DOWNLOAD

Dulu banyak program kursus mengetik yang ditawarkan di lembaga-lembaga kursus, namun sekarang sudah jarang. Mungkin karena kecepatan mengetik sudah tidak begitu diperhatikan karena di komputer sekarang orang bisa dengan mudah melakukan copy-paste. Walaupun begitu, tetap saja kemampuan mengetik sepuluh jari ini masih dibutuhkan oleh bidang-bidang tertentu.

Di zaman yang sudah serba komputer ini, banyak tulisan yang kita baca yang awalnya harus diketik dulu. Nah ini menunjukkan bahwa kegiatan mengetik adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan pengguna komputer. Sekarang bagaiman cara kamu mengetik? 11 jarikah? atau  10 jari?

Mengetik sebelas jari adalah cara mengetik yang hanya menggunakan dua jari tangan utama, yaitu telunjuk kanan dan telunjuk kiri. Sedangkan mengetik sepuluh jari adalah mengetik dengan menggunakan semua jari tangan dengan melakukan pembagian kerja penekanan tuts keyboard untuk setiap jarinya mulai dari kelingking kanan sampai kelingking kiri

Menurut saya, mengetik 10 jari itu penting untuk meningkatkan efisiensi kita dalam mengetik. Bayangkan, mengetik sebelas jari sama saja membuang buang waktu karena saat mengetik sebelas jari, pertama kita melihat layar, kemudian melihat keyboard untuk mencari tombol baru kemudian menekan tombol tersebut. Padahal cuma dua jari yang digunakan. Setelah itu melihat layar lagi untuk memastikan ketikan di layar. Selain membuang waktu, biasanya leher dan mata kita jadi lebih cepat lelah. Saat mengetik sepuluh jari yang benar, jari-jari kita sudah mempunyai tugasnya sendiri-sendiri dalam menekan tuts keyboard,sehingga kita tidak perlu bolak balik mencari huruf yang ingin diketikkan.

Untuk bisa mengetik sepuluh jari dengan lancar, kita harus tahu pembagian tuts-tuts keyboard untuk setiap jari. Kita juga harus sering membiasakan diri mengetik 10 jari dengan benar. Dan yang pasti dengan banyak berlatih. Metode-metode latihan yang banyak diajarkan sebenernya melatih kita membiasakan jari kita dengan tuts keyboard. Dulu guru saya bilang “tangan itu punya memori loh, jadi harus dibiasakan”. Nah salah satu cara berlatih yang asik adalah menggunakan software dan game mengetik. Berikut ini software/game yang bisa digunakan untuk berlatih mengetik 10 jari:

biasanya pada kegiatan typing tutor / belajar mengetik, software-software ini akan menunjukkan statistik kesalahan dan kecepatn kita mengetik. Dan ini dapat kita gunakan untuk terus meningkatkan keakuratan dan kecepatan mengetik kita.

Beberapa tips agar kita cepat lancar mengetik sepuluh jari adalah:

  • Jangan melihat keyboard walaupun hanya mengintip. Saat berlatih, usahakan kita hanya melihat ke layar. Ini akan melatih otak kita untuk berkoordinasi dengan tangan dalam mengingat letak tuts keyboard.
  • Kita dapat mengembalikan tangan ke posisi dasar dengan merasakan tonjolan yang ada di keyboard
  • Pada awal latihan, mengetik huruf yang tidak membentuk kata akan membiasakan kita untuk mengenal letak huruf.
  • Sering-seringlah memeriksa stastistik latihan untuk melihat sejauh mana perkembangan latihan yang telah dilakukan.
  • Untuk mengatasi kejenuhan, bermainlah permainan mengetik. Belajar sambil bermain.
About these ads

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

9 Responses to Belajar Mengetik 10 Jari – DOWNLOAD

  1. susiloadysaputro mengatakan:

    wahahah…like this mas…

  2. ditter mengatakan:

    Sip.. sip… :-)

  3. didik eteh mengatakan:

    mantaap.. ijin ngunduh broe..

  4. Muhamad Ali Saifudin mengatakan:

    thanks ilmunya, tuk anak2 kursus dirumah. good luck

  5. edwin hidayat mengatakan:

    udah dicoba, tank pisan, jari+tangan jadi pegel…

  6. Erni Caemgituloh mengatakan:

    pingin x ngertik gak lihat keyboard

  7. rachmat mengatakan:

    Mnteb,.Izin unduh gan,.

  8. Kurniawan mengatakan:

    njupuk yo coi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: