Upgrade ke Ubuntu 10.04

Lucid Lynx

Beberapa waktu lalu, 29 April 2010, ubuntu resmi meluncurkan versi terbaru mereka, yaitu ubuntu 10.04 LTS ( Lucid Lynx ). LTS merupakan singkatan dari Long Term Support. Ubuntu versi LTS dirilis 2 tahun sekali. Dengan Dukungan Jangka Panjang (LTS) versi ini mendapatkan support 3 tahun untuk Ubuntu Desktop, dan 5 tahun untuk Ubuntu Server. Tidak ada biaya tambahan untuk versi LTS.

Saya yang baru-baru ini mulai mecoba Ubuntu dan telah menggunakan ubuntu 9.10 Karmic Koala, ingin mencoba versi baru dari ubuntu tersebut. Tentunya saya harus punya CD instalasinya, maka saya downloadlah image iso instalasi ubuntu 10.04 dari kambing.ui.ac.id. Selesai saya download, saya bingung bagaimana caranya install tanpa cd. Setelah cari-cari sana-sini, saya temukan cara yang mudah, yaitu install dari USB flashdisk. Untuk membuat flashdik agar bisa dijadikan media untuk instalasi ubuntu, saya gunakan fitur USB Startup Disk Creator yang ada di Ubuntu 9.10 di komputer saya. Singkat kata, saya sudah bisa booting dari flashdik. Saat saya ingin melakukan instalasi saya baru sadar kalau ternyata yang saya butuh adalah mengupgrade dari versi 9.10 ke versi 10.04, bukannnya mengistall baru. Yang saya butuhkan adalah iso image versi alternate. Apa boleh buat, saya downlod lagi deh.

Selwsai download, saya cari gimana caranya upgrade dengan cd versi alternate ini. Kira-kira caranya begini.
Burn ISO ke CD dan memasukkannya ke dalam drive CD-ROM komputer yang akan diupgrade.
Jika ISO nya ada di komputer yang skan diupgrade, daripada buang-buang CD kita bisa dengan mudah me-mount CD ISO sebagai drive dengan perintah seperti:

sudo mount-o loop ~ / Desktop/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso / media/cdrom0

3. Sebuah dialog akan ditampilkan menawarkan untuk meng-upgrade menggunakan CD.
4. Tinggal ikuti petunjuk pada layar.

Jika dialog upgrade tidak ditampilkan untuk alasan apapun, bisa juga menjalankan perintah berikut dengan menggunakan Alt + F2:

gksu “sh / cdrom / cdromupgrade”

Atau dalam Kubuntu perintahnya adalah berikut ini dengan menggunakan Alt + F2:

kdesudo “sh / cdrom / cdromupgrade”

Sebenarnya kalo kita tersambung langsung ke internet, kita bisa juga download upgradenya langsung dari Update Manager di Ubuntu karena Update manager akan memberitahukan bahwa release ubuntu yang baru udah ada. Tapi udah terlanjur saya download iso, jadi saya gunakan cara install dari CD aja. Sekarang saya sudah bisa menggunakan Ubuntu yang baru versi 10.04 LTS “Lucyd Lynx” yang maskotnya hewan lynx, sejenis kucing liar.

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

2 Responses to Upgrade ke Ubuntu 10.04

  1. pak dadi mengatakan:

    Salam. Mas, saya tinggal di Padang. Gimana cara mendapatkan cd alternate-nya? Saya sudah ke shipit ubuntu, tapi sepertinya belum akan melayani selama beberapa minggu ini. Kalau mas dapat kirim, saya transfer duu biayanya. Maaf, ya, trims

Tinggalkan Balasan

