Hati-Hati Begadang

Begadang adalah hal yang tidak aneh dan mungkin sudah jadi biasa, terutama bagi para mahasiswa yang biasanya punya banyak tugas. Selain mengerjakan tugas, mahasiswa juga seringkali tetap terjaga pada malam hari sekedar untuk nonton film, main game, atau nongkrong dan ngobrol-ngobrol. Namun, sebenarnya begadang itu tidak ada manfaatnya dan mungkin malah akan merugikan. Misalnya saja, karena begadang, seorang mahasiswa yang besoknya harus kuliah malah telat bangun dan terlambat masuk kelas. Selain itu, setelah semalaman tidak tidur biasanya tubuh kita saat bangun di pagi hari akan terasa lesu, kurang bertenaga dan sebagainya. Tidak seperti orang yang tidur normal yang saat bangun tidur, tubuhnya terasa segar dan berenergi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi aktifitas yang akan dijalani seharian penuh.

Begadang, tentunya mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Salah satu yang mungkin terjadi akibat sering terjaga di malam hari sampai pagi adalah kerusakan hati. Hal ini bisa terjadi karena sebenarnya tubuh mempunyai saat-saat dimana harus membuang racun dalam tubuh atau detoxifikasi. Saat-saat pembuangan racun tersebut terjadi pada malam hari dan proses ini merupakan proses yang berat bagi organ-organ yang melakukan detox. Oleh karena itu, pada saat tubuh melakukan pembuangan racun dalam tubuh seharusnya tubuh dalam keadaan beristirahat. Berikut ini adalah daftar proses pembuangan racun oleh tubuh di malam hari.

Malam hari pk 21.00 – 23.00:

Adalah pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 23.00 – dini hari pk 01.00:

Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas

Dini hari pk 01.00 – 03.00:

Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur

Dini hari pk 03.00 – 05.00:

De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran

Pagi pk 05.00 – 07.00:

De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pagi pk 07.00 – 09.00:

Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Kalau kita lihat,ternyata tubuh melakukan banyak proses pembuangan racun sepanjang malam hingga pagi hari. Saat-saat itu adalah waktu yang digunakan tubuh untuk bekerja keras membuang racun di tubuh. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna ini. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Jadi, jelas bahwa begadang itu tidak baik untuk kesehatan. Ingat kata Bang Haji Rhoma, “Begadang jangan begadang… Kalau tiada artinya…”, maka tidur nyenyak dan kurangi begadang.

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: