Togetherville, Facebooknya Anak-anak

Berdasarkan peringkat alexa, Facebook saat ini merupakan situs paling ramai kedua setelah google, yang berarti facebook adalah situs jejaring sosial paling laris saat ini. Facebook memperoleh popularitasnya berkat tampilannya dan fitur-fiturnya yang user friendly. Saat ini, hampir setiap orang yang mengenal internet mempunyai akun facebook. Bahkan anak-anak pun sudah banyak yang mempunyai akun facebook.

Sebenarnya, anak-anak berumur dibawah 13 tahun tidak diizinkan mendaftar dalam facebook. Facebook sendiri bermaksud agar tidak terjadi tindak kejahatan cyber terhadap anak di bawah umur melalui facebook. Namun, kebanyakan anak-anak tetap saja ingin mempunyai akun facebook dan untuk menghindari batasan usia, mereka hanya perlu berbohong tentang usia meraka. Kegiatan berbohong ini saja sebenarnya tidak baik belum lagi ancaman dari dunia maya di facebook dimana sebagian besar penggunanya adalah orang dewasa.

Untuk menanggulangi hal itu saat ini telah diresmikan situs jejaring sosial bernama Togetherville. Togetherville adalah jejaring sosial yang dikhususkan bagi anak-anak usia 6-10 tahun. Dengan adanya situs ini, anak-anak 6 – 10 tahun bisa memiliki jejaring sosial yang tepat, sesuai dengan umur mereka. Seperti jejaring sosial pada umumnya, togetherville merupakan tempat anak-anak bersosialisasi secara online dengan teman-temannya ataupun orang tuanya.

Dalam sebuah wawancara dengan CNET, Dhillon, CEO Togetherville, menyebutkan Togetherville sebagai platform pertama yang benar-benar mengintegrasikan kemampuan anak-anak  untuk menggunakan Web dengan orang dewasa dekat mereka. Tidak seperti beberapa kata virtual untuk anak-anak, Togetherville menggunakan identitas anak. Anonimitas tidak diperbolehkan. Situs ini mendorong orang tua untuk menciptakan lingkungan orang-orang nyata dalam kehidupan anak mereka berada di dekat anak mereka saat mereka tumbuh dewasa secara online.

Situs yang diluncurkan selasa malam ini dibuat oleh seorang yang memiliki 3 anak dibwah 10 tahun. Setiap orang dapat mendaftar ke situs ini secara gratis. Jika anak-anak ingin membuat akun baru, maka akun tersebut harus didaftarkan oleh orang tuanya yang memiliki akun facebook. Orang tua dapat menyetujui atau menolak jika ada teman yang ingin berteman dengan anaknya, dan juga orang tua dapat melihat apa saja permainan yang dimainkan oleh anaknya dalah jejaring sosial tersebut.

Anak-anaka harus login secara terpisah untuk masuk ke togetherville, dan situs akan terlihat berbeda tergantung apakah yang login pada saat itu adalah orang tua atau anaknya. Jika masuk pada halaman anak-anak maka akan ada halaman khusus game, Youtube video, serta aplikasi yang menyangkut pendidikan, dan tidak ada iklan.

Dengan adanya Togetherville maka orang tua dapat lebih bernafas lega atas kekuatiran terhadap lingkungan yang “kurang aman” dalam dunia jejaring sosial saat ini.

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

One Response to Togetherville, Facebooknya Anak-anak

  1. susiloadysaputro mengatakan:

    nyoba la mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: