Tips Singkat Seputar Baterai Notebook

Salah satu hal yang paling penting pada notebook adalah baterai. Saat tidak ada sumber listik outlet, baterai menjadi satu-satunya sumber energi bagi laptop. Saat ini, sudah banyak laptop yang dikalaim hemat daya, ditambah baterai yang tahan lama. Walaupun begitu, tetap saja baterai menjadi kelemahan setiap komputer jinjing karena baterai punya umurnya sendiri yang berarti cepat atau lambat, kemampuan baterai tersebut menyuplai daya akan berkurang sampai keadaan dimana biasanya kita sebut “baterainya bocor”. Tampaknya istilah ini salah kaprah karena yang terjadi bukanlah baterainya yang bocor, melainkan daya tampung baterai yang sudah sangat sedikit sehingga baterai cepat kehabisan dayanya.

Berikut ini beberapa tips singkat yang perlu anda ketahui seputar baterai notebook untuk menghemat dan memperpanjang umur baterai.

  • Rajin-rajinlah melakukan defrag hardisk, karena proses defrag mambantu pengaturan data menjadi lebih efisien. Ini berarti hardisk akan bekerja lebih cepat dalam mencari file dan lebih sedikit membutuhkan daya. Efeknya memang tidak begitu besar tapi setidaknya turut berperan menghemat baterai.
  • Level brightness di notebook juga berperan dalam menghemat baterai. Semakin terang layar, semakin menghabiskan daya. Biasanya setiap notebook memiliki kombinasi tombol tertentu untuk mengatur level brightness layar.
  • Mematikan suara dan screen saver juga dipercaya bisa menghemat baterai.
  • membuka aplikasi terlalu banyak saat menggunakan baterai juga salah satu hal yang bisa menyedot baterai. Agar lebih hemat, jalankan satu atau dua aplikasi saja sekaligus. Selain itu aplikasi yang terkenal berat seperti pengolah grafis atau bahkan game, menyedot daya lebih banyak apabila dibandingkan spreadsheet atau wordprocessor.
  • Pada sistem yang memiliki RAM lebis sedikit, otomatis akan lebis sering menggunakan virtual memory yang memanfaatkan hardisk. Semakin sering sistem menggunakan virtual memory, maka hardisk akan semakin banyak bekerja, dan daya yang dibutuhkan semakin banyak. Sementara bila RAM-nya melebihi dari cukup, sistem akan memanfaatkan RAM dan lebih sedikit menggunakan vitual memory, yang artinya kerja hardisk tidak terlalu banyak. Padahal daya yang dibutuhkan hardisk lebih besar daripada RAM. Jadi, menambah RAM akan membantu menghemat baterai laptop.
  • Banyak pengguna yang tidak sadar, saat menggunakan notebook , softcase-nya tetap dipakai untuk menutupi permukaan luar notebook. Hal ini tidak baik sebab bisa menghalangi sirkulasi udara panas yang keluar dari notebook, serta bisa berpengaruh terhadap umur baterai.
  • Masih ada kaitannya dengan panas, jangan pernah menaruh notebook di bawah sinar matahari langsung atau ditaruh di dalam mobil yang diparkir di area terbuka. Temperatur tinggi merupakan musuh segala komponen elektronik.
  • Mengganti driver hardware juga dipercaya turut mnghemat penggunaan baterai. Karena pada umumnya, driver baru dirancang untuk lebih efisien dan lebih sedikit memakan daya.
  • Pastikan Anda menggunakan adaptor asli atau pangganti yang spesifikasinya sesuai. Ketidaksesuaian spesifikasi bisa mengakibatkan overload, merusak baterai, bahkan merusak notebook.
  • Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan notebook dalam jangka waktu lama, pastikan baterai sudah terisi sekitar 40%. setelah itu, copot baterainya dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

sumber : tabloid PC-mild edisi 01/2010

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: