Blogwalking untuk Mendapat Kunjungan Balik

Baru-baru ini saya berpikir, blog ini kok sepi ya? Sepi disini maksudnya adalah sepi komentar. Kalaupun ada yang datang, itupun hanya melihat-lihat lalu pergi. Sebagai contoh, tulisan saya yang lalu Lagu Waka Waka Shakira – Lagu Piala Dunia 2010. Tulisan itu banyak mendatangkan pengunjung ke blog saya ini, tapi yang datang hanyalah pengunjung yang ingin tahu lirik lagu waka-waka, mungkin menyalin liriknya lalu pergi tanpa komentar.

Menurut saya sebuah blog akan semakin baik kualitasnya kalau banyak pengunjung yang datang, juga banyak yang berkomentar. Banyaknya pengunjung menunjukkan kalau blog tersebut punya konten yang menarik dan membuat orang ingin berkunjung lagi. Sedangkan komentar menunjukkan tingkat ketertarikan pengunjung terhadap isi suatu blog dalam arti isi sebuah tulisan yang dibaca pengunjung membuat mereka ingin turut berkomentar baik itu bertanya, mendukung, ataupun menyanggah. Memang, biasanya yang sering memberikan komentar pada blog-blog seperti blog saya ini para blogger juga. Artinya para blogger biasanya juga mengharapkan kita melakukan kunjungan balik dan berkomentar di blog mereka. Setidaknya dari komentar-komentar yang masuk, saya berharapada  yang mau berkomentar tentang blog ini agar kualitasnya bisa ditingkatkan. Bagaiman harusnya agar blog ramai dikunjungi dan banyak dikomentari?

Mengenai ramai dikunjungi, saat ini saya belum terlalu perduli, karena yang lebih memprihatinkan adalah kondisi blog yang sepi komentar. Beberapa waktu lalu, saya sedang iseng iseng berselancar di dunia maya dan jawaban yang saya temukan adalah blogwalking. Dari seorang blogger di imadewira.com saya dapatkan definisi blogwalking sebagai aktifitas seseorang (umumnya blogger) mengunjungi blog lain. Mengapa “seseorang” dan bukan langsung menyebut “blogger”, karena orang yang tidak mempunyai blog pun bisa berkunjung dari satu blog ke blog lain sambil meninggalkan jejak komentar. Intinya kita jalan jalan di dunia maya, mendatangi tetangga-tetangga dan mampir sebentar mencicipi hidangan yang disediakan lalu ngobrol-ngobrol.

Mengapa blogwalking? Karena blogwalking punya manfaat yang baik bagi blog kita, diantaranya:

1. Memperkenalkan diri (blog) kita kepada blogger lain, dengan syarat kita meninggalkan komentar.
2. Jejak komentar juga memiliki manfaat untuk kunjungan balik, baik dari pemilik blog atau pun pembaca lainnya.
3. Menambah wawasan dari apa yang kita baca.
4. Mengetahui topik apa yang sedang ramai dibahas/ditulis blogger lainnya.
5. Mendapatkan ide untuk tulisan di blog sendiri.

Menurut saya, blogwalking saja tidak cukup karena belum tentu jejak yang ditinggalkan mendapatkan kunjungan balik. Bisa saja orang yang punya blog itu tidak senang dengan cara kita meninggalkan jejak. Atau bisa saja si pengelola blog tidak sempat melakukan kunjugan balik satu persatu karena banyaknya orang yang berkomentar disana. Nah agar mendapat kunjungan balik, ada juga tips seperti ini:

1. Berikan komentar yang baik
Ada banyak kriteria komentar yang baik. Komentar yang baik tidak berarti harus memuji dan meng-iya-kan apa yang ditulis oleh pemilik blog. Bisa juga komentar yang berupa pertanyaan, tanggapan, sanggahan atau pun kritik, tentunya dibuat dengan sopan dan tetap pada topik yang dibicarakan.

2. Tinggalkan komentar secara kontinyu
Pemilik blog khususnya blog yang bagus dan memiliki pengunjung yang banyak akan memiliki kesibukan yang lebih banyak pula. Kita jangan berharap akan mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog tersebut hanya dengan berkunjung dan meninggalkan komentar sekali saja. Berkunjunglah secara kontinyu dan tinggalkan komentar yang baik. Ketika pemilik blog sudah terbiasa melihat komentar anda, maka kemungkinan blog anda akan dikunjungi untuk melihat siapa diri anda.

3. Jangan pernah meminta kunjungan balasan
Seperti yang saya tulis di awal, kalimat meminta agar dikunjungi balik atau meminta kunjungan balasan akan membuat pemilik blog malah menjadi malas untuk berkunjung ke blog anda. Karena pemilik blog langsung tahu bahwa tujuan anda meninggalkan komentar hanyalah untuk mencari kunjungan balik.
Jika anda merasa pertama kali berkunjung ke sebuah blog, cukup tambahkan kalimat salam kenal dan berkomentarlah dengan baik. Dengan begitu pemilik blog akan tahu bahwa anda pengunjung baru. Cara ini lebih baik daripada anda meminta kunjungan balik secara terang-terangan.

Terjawab sudah apa yang saya tanyakan. Tapi ini baru sekedar teori, saya masih harus mempraktekkannya agar blog dambaan saya yang ramai komentar  bisa terwujud. Kalau begitu, dari sekarang saya harus rajin-rajin blogwalking dan meninggalkan jejak tentunya dengan komentar komentar yang baik. Ada punya saran lain?

sumber : imadewira.com

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

21 Responses to Blogwalking untuk Mendapat Kunjungan Balik

  1. imadewira mengatakan:

    wah, terima kasih sudah memberikan backlink ke blog saya..

    salam kenal🙂

  2. wegaclubban mengatakan:

    Salam kenal juga…

    Saya juga terima kasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat.
    Bisa dibilang, backlink itu kewajiban saya karena saya mengutip isi imadewira.com.
    Iya kan?
    Semoga kita bisa terus berbagi ilmu…

  3. silo mengatakan:

    makane sering komen neng blogku ya mas???ada maunya…hahahaha

    • wegaclubban mengatakan:

      ya sebenernya dari lubuk hati yang terdalam, haha lebay, pengennya ya kalo komen yang bener, jangan cuma minta kunjungan balik.
      yawis, ngko aku sering sering komen di tempatmu

  4. kang ian mengatakan:

    saya berkunjung balik ni mas🙂
    silakan request ebook di tempat saya..gratis koq ^^
    makasih atas kunjungannya
    dan salam kenal

  5. Catatan Sederhana mengatakan:

    kunjungan balik mas,iya sering2 blogwalking juga bikin kita makin akrab sama bloger2 lain…
    tapi kl menurut saya jangan jadikan kunjungan dan comment oriented, kualitas posting yang bagus,bermanfaat dan orisinil juga cepat lambat akan meningkatkan kunjungan dan comment juga kok mas…
    selamat ngeblog…

    salam persahabatan ,-

  6. wegaclubban mengatakan:

    Betul juga, kalau kualitas bagus, pengunjung dan komentar akan datang juga nantinya.
    Terima kasih mas atas masukanya.

  7. aku copas y mas
    hehe

  8. wegaclubban mengatakan:

    oke din…

    sering-sering maen ya…

  9. anton tobing mengatakan:

    Salam kenal..Kl yg ini tips nya oke punya..Bahasa yg dipake langsung nge klik dgan database bahasa seorang pemula di otak ane.I’m glad for Waiting to your next enlightment bro..Wessh.. mbuh rep ngmong opo kuwi..

  10. wewen mengatakan:

    mau dooong diajarin ngeblog masweg,hehe😀

  11. Ping-balik: BLOG sepi? Jangan datang ke sini! « Blognya Wega Clubban

  12. buka segala mengatakan:

    menjadi masukan yang sangat berarti buat saya, mudah-mudahan bisa saya terapkan untuk blog saya yang masih kecil dan prematur. terimakasih..

  13. If a website is consistently edited to feature links that breach the community rules in a very bid to incorporate SEO value for people or even a provider of.
    Larger organizations are apt to have stricter, expressly written rules
    on etiquette. * Create and distribute Widgets or Mash-ups using services like widgetbox, Open Social,
    or Yahoo Pipes.

  14. Jarrod mengatakan:

    Wow, marvelouss weblog layout!How long have you been blogging for?
    you make running a blog look easy. The full look of your site is magnificent, as neatly
    as the content!

  15. anunturi gratuite mengatakan:

    This article will assist the internet viewers for setting up new website
    or even a blog from start to end.

  16. seo in houston mengatakan:

    At this time I am ready to do my breakfast, after having my breakfast coming again to
    read further news.

  17. Mas Hitler mengatakan:

    SAYA BERKUNJUNG untuk MENDAPATKAN KUNJUNGAN BALIK..🙂
    BLOG SEKSI DI SINI, YUK mampir.. :))

Tinggalkan Balasan

