Carpal Tunnel Syndrome

Saat tulisan ini saya buat, pergelangan tangan kanan saya sedikit sakit. Walaupun sakitnya tidak mengganggu tapi rasa sakit ini sering datang. Dulu saya pernah membaca sebuah artikel mengenai carpal tunnel syndrome (CTS). Menurut artikel tersebut, hal ini sering terjadi pada pengguna komputer, yang sering menggunakan tangnnya dalam waktu lama dan dalam posisi yang tidak benar. Carpal tunnel syndrome ini juga munggkin terjadi pada orang-orang yang sering menggunakan pergelangan tangannya. Saya juga pernah dengar bahwa pembalap MotoGP, Lorenzo pernah melakukan operasi carpal tunnel karena waktu membalap dia sering mengeluhkan rasa sakit di pergelangan tangannya. Nah, saya jadi berprasangka yang aneh-aneh, mungkinkah saya menderita carpal tunnel syndomre. Semoga saja tidak, dan kalau iya, semoga saja tidak parah dan tidak harus sampai melakukan pembedahan. Dengar dengar, kalau ingin menymbuhkannya memang harus dengan operasi carpal tunnel. Serem…

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sebuah penyakit yang kita curigai, kita perlu tahu semua hal yang berhubungan dengan penyakit tersebut, mulai dari definisi, gejala, pencagahan, sampai pengobatannya. Setelah menjelajah dunia maya ini, saya dapat sebuah definisi tentang carpal tunnel syndrome.Pertama kita perlu tahu apa itu carpal tunnel atau bahasa Indonesianya terowongan karpal. Terowongan karpal merupakan suatu lorong atau terowongan yang terbentuk mulai dari ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan (tulang-tulang carpal). Melalui terowongan karpal ini terdapat saraf yang bernama saraf medianus, yang mensarafi sistem perasa (sensorik) dan penggerak (motorik) pada tangan dan jari-jari tangan. Saraf medianus juga mensarafi otot-otot pada pangkal ibu jari (otot-otot tenar).

Nah kalau CTS sendiri dapat terjadi akibat adanya proses peradangan pada jaringan-jaringan di sekitar saraf medianus (tendon dan tenosynovium) – dalam terowongan karpal. Peradangan tersebut mengakibatkan jaringan di sekitar saraf menjadi bengkak, sendi menjadi tebal, dan akhirnya menekan saraf medianus. Penekanan saraf medianus ini lebih lanjut akan menyebabkan kecepatan hantar (konduksi) dalam serabut sarafnya terhambat, sehingga timbullah berbagai gejala pada tangan dan pergelangan tangan. Hal seperti ini mungkin terjadi pada orang yang pekerjaannya memerlukan pergerakan pergelangan tangan terus-menerus, seperti penggunaan obeng atau penggunaan keyboard pada komputer yang posisinya tidak baik.

Selain itu, CTS dapat terjadi akibat adanya penyakit lain yang memicunya. Berbagai penyakit degeneratif dapat menyebabkan munculnya sindroma terowongan karpal sebagai salah satu bentuk komplikasi. Kondisi-kondisi medis penyebab sindroma terowongan karpal di antaranya : diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik), perubahan hormonal khususnya pada wanita (kehamilan, menopause, penggunaan kontrasepsi oral), obesitas, hipotiroid, arthritis rheumatoid, lupus eritematosus sistemik, gout, cedera (dislokasi dan fraktur), keganasan (misalnya mieloma multipel, limfoma non-Hodgkin), dan faktor genetik (keturunan).

Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa Hal terburuk yang mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali. Resiko terkena CTS adalah kurang lebih 10% untuk orang dewasa. Wanita bahkan mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena Carpal Tunnel Syndrome dibandingkan dengan pria.

Beberapa gejala yang terjadi pada penderita CTS antara lain seperti sering pegal dan atau nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Rasa kebas, dan parasthesia (seakan-akan terbakar dan bergetar) di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, atau pada beberapa pasien terjadi di telapak tangan. Susah menggenggam dan mengepalkan tangan. Sering menjatuhkan barang

Gejalanya, berkaitan dengan tekanan syaraf, rasa tidak nyaman, kebas, rasa gatal, dan nyeri pada tiga jari pertama dari sebelah ibu jari tangan. kadangkala, terasa sakit dan terbakar atau rasa gatal pada lengan dan bahu. lebih terasa ketika penderita tidur karena cara tangan diposisikan. Seiring waktu, otot pada tangan di Gejalanya, berkaitan dengan tekanan syaraf, rasa tidak nyaman, kebas, rasa gatal, dan nyeri pada tiga jari pertama dari sebelah ibu jari tangan. kadangkala, terasa sakit dan terbakar atau rasa gatal pada lengan dan bahu. lebih terasa ketika penderita tidur karena cara tangan diposisikan. Seiring waktu, otot pada tangan di bagian ibu jari menjadi lemas dan menyusut sampai tidak bisa digerakkan (atrophy). bagian ibu jari menjadi lemas dan menyusut sampai tidak bisa digerakkan (atrophy).

Setelah mengetahui apa itu CTS dan begaiman gejala-gejalanya, kita harus tau bagaimana mencegahnya. Bagi para pengguna komputer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Mouse Grip
Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut imut bagi anda, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse hal ini menyebabkan jari jari kita cepat lelah dan pegal, karna jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse, pilihlah mouse yang nyaman untuk di pegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah

Pergerakan Mouse dari siku
Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggaunakan suku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

Posisi Mouse yang optimal
aturlah tempat duduk anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada di atas meja posisinya daripada dengan mouse sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus menerus.

Jaga pergelangan tangan anda
Coba anda letakan pergelangan tangan ada di sebuah meja yang datar, anda akan melihat setelah bagian telapak tangan anda di bagian pergelangan tangan akan anda temukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

Jaga sirkulasi peredaran darah
Hal ini perlu diperhatikan juga, segala sesuatu penyakin kebanyakan disebabkan karna sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar, untuk itu kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya, seperti yang kita ketahui kita banyak nadi nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan sehingga ini menjadi semakin penting.

Jangan pakai Sandaran pergelangan tangan
Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan anda, apalagi yang keras, sama saja artinya anda memberi tekanan 2x lipat pada carpal tunnel di dalam pergelangan tangan anda sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat anda terkena carpal tunnel syndrome (CTS).

Hindari pergerakan tangan yang tidak bebas
Biasanya kursi kursi yang terdapat rest arm nya memiliki karakteristik untuk meng lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

Refleksi
Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik tapi ada baiknya jika anda melatih agar anda dapat memberi istirahat untuk tangan anda sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse.

Bentuk mouse
Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita.

Banyak orang berkata bahwa kesehatan itu mahal harganya. Itu memang benar, untuk kasus CTS ini saja, kalau memang sudah parah salah satu jalan keluarnya adalah dengan pembedahan. Jangan sampai kita harus mengalami pembedahan carpal tunnel tersebut. Sekarang kita telah mengetahui apa itu CTS, gejalanya dan pencegahannya. Jadi, kita bisa sejak awal mulai merubah kebiasaan buruk kita dan menghindari melakukan sesuatu secara berlebihan, seperti berkomputer sepanjang hari tanpa istirahat. Selain itu, kita juga bisa mulai membenahi cara kita menggunakan peralatan komputer. Termasuk saya ini yang sedari tadi masih merasakan sakit di pergelangan tangan saya. Ini merupakan tanda bahwa saya harus istirahat dulu sejenak.

sumber : blogs.unpad.ac.id/zikri, www.myraffaell.com

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

7 Responses to Carpal Tunnel Syndrome

  1. silo mengatakan:

    Q malah antara jempok karo telunjuk sing lara koh mas…

  2. wegaclubban mengatakan:

    bisa jadi tanda tanda juga tuh sus,
    kayanya kalo pake laptop kurangin penggunaan touchpad, lebih baik beli mouse yang gede, yang pas ukuran tangan biar tangan nggak cepet capek. aku juga lagi rancana cari mouse yang gede aja.

  3. agustin mengatakan:

    saya juga sering banget sakit di ujung2 jari, sampai bengkak dan ada rasa gatal kemudian menghilang. tapi beberapa hari kemudian datang lagi di tempat lain seperti di telapak tangan atau di sendi2 jari tangan. apa ini juga mrpkan gejala CTS?

    • wegaclubban mengatakan:

      gejalanya mirip CTS, tapi kalau memang gejala seperti itu sering terasa, lebih baik segera periksakan ke dokter.
      dokter pasti [unya penjelasan yang lebih baik mengenai rasa sakit tersebut. dokter juga akan memberikan solusinya….

  4. ahmad baliya eka prasetya 08157985473 mengatakan:

    sya bbrapa hari trakhir ini klo pas bangun tidur dari pergelangan sampe jari seperti kesemutan, trus susah utk menggenggam dgn kuat, seperti kalau kita mau membuka botol aqua yg msih baru.. apakah ini juga gejala CTS ya?

    IMHO, CTS mgkin bisa juga diderita oleh org yg memakai Hp dgn terlalu intens.. Skrg kan uda umum HP online. Dri chatting dgn bnyak sekali aplikasi mobile chat, situs jejaring sosial, email, dll..
    Jd resiko terkana CTS jg besar sepertinya..

  5. Jim mengatakan:

    termakasih infonya, sangat bermanfaat ,

  6. Jim mengatakan:

    info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: