Perlukah Melepas Baterai Laptop?

Judul tulisan ini mungkin sedikit membingungkan. Saya juga bingung untuk menentukan judul yang tepat. Sebenarnya yang saya ingin sampaikan dari tulisan ini adalah mengenai seberapa perlukan kita melepas baterai laptop saat laptop kita terhubung dengan sumber AC atau adapter atau charger.

Banyak dari kita berpikir bahwa membiarkan baterai yang sudah terisi tetap terpasang saat laptop terhubung sumber AC dapat memperpendek umur baterai, bahkan merusak baterai. Saya pun berpikir begitu.

Sebagian orang menduga bahwa arus yang dialirkan dari adapter terus mengalir ke baterai  dan baterai terus menyuplai daya ke laptop. Sedangkan kita juga tahu bahwa semakin sering baterai melepas muatan dan diisi ulang, makin cepat juga baterai itu kehilangan daya muatnya. Mungkin dugaan seperti ini yang membuat orang khawatir akan umur baterainya.Padahal sebenarnya tidak seperti itu.

Perlu atau tidaknya kita melepas baterai tergantung bagaimana kondisinya. Tapi pastinya, membiarkan laptop tetap terhubung adapter tanpa melepas baterai tidak akan merusak atau mempengaruhi umur baterai karena setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged, baterai akan berhenti menerima energi. Dengan kata lain, energi yang dialirkan dari adapter akan di-bypass langsung menuju sistem power supply laptop.

Namun, ada kondisi dimana kita harus melepas baterai, yaitu saat laptop mengeluarkan panas berlebih. Misalnya saat laptop digunakan untuk pekerjaan berat terus menerus seperti menjalankan game. Saat hardware laptop mengeluarkan panas berlebih, panas tersebut akan turut memanasi baterai. Nah, panas inilah yang dapat merusak baterai.

Jadi, jelas sudah, kita tidak perlu melepas baterai laptop saat terhubung ke adapter pada penggunaan normal yang tidak menghasilkan panas berlebih. Sebaliknya saat laptop mengeluarkan panas berlebih, tentu melepas baterai laptop sangat diperlukan untuk memperpanjang umur baterai.

sumber : batterycare.net

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

11 Responses to Perlukah Melepas Baterai Laptop?

  1. abdul majid mengatakan:

    info yang berguna sekali untuk para pengguna maniak notebook, dulu kalau pakei modem hp buat ngenet saya suka meletakkan hp modem tersebut di atas sekantong air biar dingin.

  2. Penerjemah mengatakan:

    jadi intinya kita perlu jeli untuk pemakaian kita pada laptop dunk…

  3. susiloadysaputro mengatakan:

    wah mas..baru tau,,makasi infonya mas..

    jd ga perlu khawatir lg kalo laptop ditingggal tibur pas di charge

  4. wegaclubban mengatakan:

    iya, tapi harus inget, jangan dibiarin baterainya kepanasan karena laptopnya panas

  5. Masda mengatakan:

    terimakash mas udah share, jadi tahu ne saat dimana kita harus melepas baterai,,, BTW lam kenal

  6. ndop mengatakan:

    aku sudah terlanjur… batreku sudah ngedrop gara gara pemakaian berat…

    saya komen ini tanpa baterai, soalnya baterai laptop saya saya dinginkan dulu di lemari es, hehe…

  7. Ila Rizky Nidiana mengatakan:

    intinya ini ya, gan?

    setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged, baterai akan berhenti menerima energi.

    jadi memang harus disesuaikan dengan kodisi baterai, jika panas dilepas saja.

    oo, iya, saya juga sering takut kalau2 baterainya cepat rusak, maklum, sering dipakai buat ngerjain tugas, jadi sering browsing, hehe….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: