Ancaman Kemanan SPAM

cara pikir spammerHampir semua pengguna email di dunia mendapatkan spam setiap harinya. Ada yang hanya mendapat sedikit spam, tapi tak jarang yang mendapat banyak spam. Intinyam kalau kita punya e-mail, maka kita akan mendapatkan spam.

Anda tentu pernah mendapat email dari pengirim yang tidak anda kenal. Dan isi email yang dikirimnya adalah email yang anda tidak ingin membacanya. Contohnya saya pernah mendapat sebuah email yang isinya seperti ini.

Industry Events

SES Chicago

Search Engine Stategies Chicago Conference & Expo – October 18-22, 2010

As the reach of internet population continues to grow, SES looks to trace the economic implications and opportunities for marketers.

Discover the tools of engagement. No longer just lecturing your customers, learn to listen and converse in a more social world

(15% Event discount avaliable, go to the page for more info)

Isi email di atas bukanlah sesuatu yang saya inginkan. Dan di dalam account gmail saya, email seperti ini langsung masuk dalam kategori spam. Email seperti ini sangat mengecewakan, selain membuat kita tidak nyaman, tidak jarang email semacam ini mempunyai tujuan lain, seperti pencurian identitas, penyebaran malware, dan sebagainya.

Spam sejak dulu adalah sebuah masalah besar. Karena secanggih apapun mesin penyaring spam, para spammer tetap saja mengirim email-email dalam jumlah besar ke ratusan bahkan ribuan alamat email korban. Spam merupakan masalah yang sangat serius, bahkan sampai membuat para ahli ribut-ribut membahasnya.

Dalam wikipedia spam atau surat elektronik sampah didefinisikan sebagai penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara masal. Umumnya spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimannya.

Perlu diketahui bahwa spam tidak hanya sesuatu yang dikirim melalui email. Beberapa jenis spam diantaranya adalah spam email, spam instant messaging, spam usenet newsgroup, spam search engine, spam blog, spam wiki, spam iklan baris online, dan spam jejaring sosial. Akhir-akhir ini, spam juga merambah ke media SMS pada telepon genggam.

  • E-mail

Spam email dikenal sebagai surat elektronik masal yang tidak diminta (unsocialicited bulk email) ataupun surat elektronik komersial yang tidak diminta (unsocialiticed commercial email). Spam email menjadi masalah sejak internet beroperasi untuk umum pada pertengahan 1990-an. Pertumbuhan pesat dari tahun ke tahun hingga saat ini telah menghasilkan spam sebesar 80% hingga 85% dari seluruh email di dunia.

Dalam perkembangannya, spam email dikirim melalui “jaringan zombie”, jaringan virus yang menginfeksi komputer-komputer pribadi para pengguna rumahan ataupun kantor di seluruh dunia. Hal ini tentunya mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus dimana spam tidak berasal dari spammer.

  • Telepon Genggam

Akhir akhir ini, Indonesia digemparkan dengan fenomena “SMS MAMA”. Sebuah sms berisi permintaan kiriman pulsa dimana pengirim mengaku ibu dari korban yang dikirimi. Kasus seperti ini merupakan salah satu kasus spamming melalui telepon genggam, tepatnya spam dilakukan melalui pesan teks.

  • Usenet Newsgroup dan forum

Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam yang serupa dengan spam email yang seringkali masuk secara berulang dengan substansi yang sama.

Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Kebanyakan spam forum berisi link ke situs eksternal dengan tujuan selain meningkatkan visibilitas mesin pencari di domain yang kompetitif seperti perjudian, pornografi, pinjaman, bisnis online palsu, dan sebagainya.

  • Blog, wiki, dan buku tamu

Spam blog atau blam berbentuk komentar berulang pada sebuah blog yang tidak diinginkan, Biasanya komentar berisi link ataupun iklan komersial yang tidak sesuai dengan isi blog dan tetunya sangat tidak diharapkan oleh si pemilik blog.

Spam adalah sebuah masalah yang multidimensional. Sebagai masalah teknis, spammer menyalahgunakan/menghabiskan resource jaringan. Komunitas milis Spam Brigade menjuluki spam sebagai “the biggest waste of bandwidth on the Internet and Usenet.” Betapa tidak, banyak uang terkuras setiap harinya karena bandwidth yang diperlukan untuk mengirimkan jutaan email spam. Padahal mayoritas email tersebut pada akhirnya akan dibounce atau langsung dihapus. Bukan itu saja, setiap spam yang diterima memakan waktu dan tenaga si penerimanya untuk membaca, menyortir, menghapus, berusaha menolak di kemudian hari. Spam pun bisa memenuhi mailbox, mengakibatkan mailserver sibuk, dan memperlambat layanan lainnya.

Sebagai masalah bisnis, kegiatan spammer perlu dilawan karena banyak yang mempraktikkan penipuan. Dan terakhir spam juga sebuah masalah sosial: tindakan sebagian orang yang seenaknya menyalahgunakan sebuah fasilitas publik seperti Internet. Padahal agar fasilitas berjalan lancar diperlukan kerjasama dan sikap saling menjaga dari semua penggunanya.

Menghentikan SPAM

Filtering

Filtering adalah penyelesaian terutama dari segi teknis. Filtering pada intinya bertujuan membantu penerima email untuk memilah-milah secara otomatis mana email yang “benar” dan mana spam, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Sejak maraknya spam, telah berkembang banyak solusi pemfilteran. Dari yang sederhana hingga menggunakan algoritma kompleks. Dari yang bersifat personal hingga kolaboratif (masal/bersama-sama). Dari yang gratis sampai jasa komersial oleh pihak ketiga.

Blocking

Blocking adalah aksi di level mesin/jaringan untuk menolak (alias memilih untuk tidak berhubungan) mesin lain yang telah dikenal sebagai tempat asal/tempat relay spam. Daftar mesin-mesin nakal ini dipelihara dan diupdate terus oleh organisasi-organisasi tertentu, dan mesin-mesin lain dapat memanfaatkannya. Meskipun dapat mengirit bandwidth jaringan-jaringan yang menolak spam, namun terdapat dua kelemahan yang mana menjadi argumen kritikan terhadap penggunaan blocking RBL ini. Yang pertama, spammer akan selalu bisa menyampaikan email spamnya melalui jalur-jalur lain. Toh tidak mungkin kita memblok semua mesin/jaringan yang ingin mengirimkan email kepada kita. Dan kedua, semakin banyak jalur yang diblok, maka akan lebih besar kemungkinan ada pengguna yang tidak bisa menerima email tertentu karena kebetulan mesin pengirim sedang masuk dalam daftar hitam. Namun di luar kelemahan ini, RBL telah banyak membantu melawan dan mempersulit spammer-spammer besar. Mereka terpaksa mencari jalur lain seperti berpindah ISP.

 

 

referensi:

wikipedia

HowStuffsWorks

http://www.master.web.id

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

8 Responses to Ancaman Kemanan SPAM

  1. Rian Constantino mengatakan:

    Mungkin selain kita menggunakan anti-spam kita sendiri juga harus mewaspadakan diri kita. Jika kita menerima e-mail dari alamat yang tidak kita kenal lebih baik langsung kita hapus. Dan akan lebih baik jika kita menyimpan alamat – alamat e-mail dari orang – orang atau instansi yang kita kenal.

    • wegaclubban mengatakan:

      yang menjadi masalah sekarang adalah, semakin canggih anti spam dibuat, para spammer akan semakin gencar mencari cara untuk menghindarinya.
      dengan mengenal setiap alamat email yang masuk, mungkin akan membantu mengurangi akibat buruk dari masuknya spam.

  2. Untuk jenis spam yang merambah melalui email mungkin dapat dicegah melalui blocking maupun filtering yang layananya telah disediakan oleh penyedia layanan email itu sendiri. namun untuk jenis spam yang merambah melalui telpon genggam, tidak dapat dihindarkan. Cara untuk menghapus spam tersebut mungkin dengan cara menghapus pesan maupun mereject call dari nomer tidak dikenal. namun yang jadi masalah adalah spam jenis ini bisa datang kapan saja dan bisa mengurangi aspek kenyamanan dalam menggunakan layanan mobile.

  3. Nur Muhammad Ridho mengatakan:

    spamming saat ini di Indonesia, banyak bersumber dari website-website atau orang-orang yang menjalankan bisnis internet. Artikel-artikel yang pernah saya baca tentang bisnis internet tersebut, banyak menyebutkan tentang promosi yang terkadang juga terlalu “menghalalkan” segala cara. Misalnya dengan mengirim ke banyak alamat email, walaupun tidak tahu siapa pemilik alamat email tersebut, berharap ada orang yang merespon emailnya dengan baik.

  4. irvandakurniadi mengatakan:

    Gan, mau tanya nih, kalo di wordpress itu kan ada akismet ya, itu fungsinya gimana ya terhadap spamming?

  5. myun mengatakan:

    terima kasih postingannya ya..
    salam kenal…
    kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

  6. John mengatakan:

    termakasih infonya, sangat bermanfaat , Abdukrahman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: