Semester Lima Kemarin

Ya, akhirnya nulis lagi di blog ini… Apa kabar ya blog saya? Wah ternyata kehilangan banyak peringkat, kehilangan banyak visitor, dan  saya juga kehilangan kontak dengan teman-teman blogger, ketinggalan informasi tentang blogging. Nggak apa-apa, sekarang waktunya saya curhat dulu di blog ini.

Kenapa sih sebenernya kemarin-kemarin itu saya jarang bahkan nggak pernah buka blog? jawabannya adalah kuliah (mahasiswa pastinya kuliah dong). Memang sih, kuliah bukan alasan yang tepat, tapi yang jelas karena kegiatan-kegiatan kampus, saya jadi malas ngeblog. Padalah kan seharusnya banyak yang bisa saya tulis di blog karena saya banyak kegiatan. Yah, pokoknya, intinya saya malas, hehe.

Satu semester ke belakang, saya sedang kuliah di semester lima. Bisa dibilang semester ini adalah semester yang penuh perjuangan dan seru banget. Mulai dari kegiatan-kegiatan kepanitiaan, kuliah yang dosennya baik, yang dosennya galak, yang dosennya disiplin, sampai tugas-tugas proyek yang seringkali kita kerjakan mendekati deadline. Semester ini juga semester yang membuat saya lebih dekat dengan teman-teman karena banyaknya tugas-tugas proyek yang kita pikul bersama.

Kepanitiaan yang saya ikut semester lima kemarin nggak banyak, tiga kepanitiaan cukup lah untuk kegiatan di kampus. Ada Technofest 2010, ada Parade IPTEK 2010, ada juga Bedah Kampus 2010. Tiga-tiganya seru, tiga-tiganya menguras tenaga. Di Technofest kebetulan saya bertindak menjadi Project Officer, gampangnya ketua pelaksana.Walaupun bukan acara besar, tapi saya cukup banyak dapat pelajaran di sini. Saya jadi tahu bagaimana mengatur, mengumpulkan, dan menggerakkan orang-orang yang saya pimpin. Saya jadi tahu bagaimana melihat apa yang saya bisa dan apa yang teman-teman saya bisa untuk terselenggaranya sebuah acara. Saya jadi tahu kalau saya belum cukup baik dalam menjadi seorang pemimpin dan saya harus memperbaikinya. Terima kasih harusnya saya ucapkan pada ipank, ferdy, rido, alam, rian, karena mereka yang banyak membantu saya, memberikan pencerahan-pencerahan dan mendukung saya. Tanpa mereka, acara ini mungkin nggak akan terlaksana.

Kalau di Technofest saya jadi ketua pelaksana, di Parade IPTEK saya jadi penanggung jawab yang ngurusin dokumentasi dan publikasi. Di sini juga banyak pelajaran yang bisa diambil. Saya tahu bagaimana susahnya merekrut staf kalau nggak kenal dengan angkatan yang lebih muda. Saya tahu bagaimana repotnya kalau yang namanya daftar kerjaan yang didapat dari ketua belum jelas. Saya juga jadi tahu bagaimana menempatkan diri sebagai orang yang dipimpin dan diajak kerjasama untuk mewujudkan acara. Prihatin kalo ngeliat ketua pelaksananya, sampe kurus gara-gara mikirin acara ini. Apalagi kalo diajak rapat, temen-temen panitia banyak yang sering nggak dateng. Tapi dengan perjuangan gigihnya sang ketua, akhirnya acara ini tetap terlaksana walaupun masih jauh dari sempurna. Hebatnya, acara ini bisa ngundang Pak Onno W. Purbo, seorang pakar IT di Indonesia yang sudah terkenal karena karya-karyanya. Saya  sempat ikut seminar yang dibawakan beliau, saat itu saya jadi terinspirasi dan tersemangati untuk berkarya demi Indonesia.

Nah kepanitiaan satu lagi, kepanitiaan yang paling besar adalah Bedah Kampus. Acara ini adalah acara yang diadakan BEM universitas untuk berbagi informasi kepada pelajar-pelajar SMA yang mau masuk universitas kami. Di acara ini saya bekerja sebagai staf acara yang ngurusin acara talkshow. Kerjaan saya intinya merencanakan acara talkshow, menghubungi pembicaranya, dan memastikan pembicara hadir di hari-H serta talkshow berlangsung dengan lancar. Yang seru dari kepanitiaan ini adalah saya bekerja dengan teman-teman dari fakultas lain, jurusan lain, angkatan lain. Saya juga dapet pengalaman bekerja dalam suatu kepanitaan besar yang pekerjaannya benar-benar terorganisir dengan baik. Lagi-lagi terima kasih buat ipank, dia yang udah ngajak saya di sini dan percaya kalo saya bisa membantu dalam acara ini.

Kalo saya pikir-pikir, mungkin saya terlambat belajar, saya ikut banyak kepanitiaan gini baru di semester lima. Kemana aja saya dari semester satu sampai empat. Yah, nggak apa-apa, tiada kata terlambat dalam belajar selama kemauan belajar itu masih ada. Kalo kata dosen saya, engineer itu harus selalu mengamalkan long life learning, belajar seumur hidup tanpa bosan-bosannya mencari ilmu.

Sebenarnya masih ada kegiatan semester lima yang pengen saya ceritain di blog ini. Tapi sepertinya tulisan ini udah kepanjangan, bisa membuat bosen yang baca. Kalau gitu udahan dulu deh, nanti disambung lagi…

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

