JagungPop: Twitter Client Rasa DABR

Sebelum saya berbagi Jagungpop, sedikit basa-basi tentang twitter. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Kira-kira itulah sekilas tentang twitter.

Sejak beberapa bulan terakhir saya baru mulai ketagihan dengan yang namanya Twitter. Walaupun terhitung telat, tapi sebenarnya saya sudah punya account twitter sejak lama dan saya biarkan begitu saja karena nggak tau mau apa dengan twitter. Ketika teman-teman saya mulai banyak yang menggunakan twitter, barulah saya ikutan dan akhirnya ketagihan twitter. Tingkat ketagihan saya disini belum terlalu ekstrim, masih sekitar 0 sampai 5 tweet per hari.

Selama menjadi pengguna twitter, akhirnya saya kenal dengan yang namanya twitter client. Salah satu titter client berbasis mobile web adalah dabr. Client yang satu ini memiliki tampilan yang simple dan ringan untuk diakses melalui mobile browser. Dabr merupakan aplikasi PHP opensource dan kita bebas mengunduh source code php-nya di http://code.google.com/p/dabr/downloads/detail?name=dabr-r373.zip. Kita juga dapat menginstall code tersebut di web server dan alamat domain sendiri. Saya menginstall dabr menggunakan alamat dan hosting gratis dari orgfree dan saya beri alamat http://jagungpop.orgfree.com/jagung. Berikut ini screenshot dari twitter client rasa DABR : JagungPop

JagungPop

Ada beberapa keuntungan menggunakan dabr, diantaranya karena dabr dirancang sebagai twitter client versi mobile maka ukuran halamannya kecil sehingga loading-nya pun relatif cepat. Selain itu dabr mendukung fitur-fitur seperti search, twitpic dan URL shortener. Menu-menu yang ada di dabr juga relatif mudah diakses dan tidak membingungkan. Yang lebih asiknya lagi, dabr masih mendukung retweet model lama yang mengutip sebuah tweet dengan “RT: “. Tampilan dabr juga bisa diatur sesuai kebutuhan apakah itu untuk tampilan normal phone, touch phone, desktop, dan lain-lain. Ada kelebihan pasti ada juga kekurangan dan kekurangan yang saya rasakan dari dabr adalah kita harus sering-sering merefresh halaman untuk dapat melihat tweet-tweet yang lebih baru.

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

4 Responses to JagungPop: Twitter Client Rasa DABR

  1. Twitter On Mobile mengatakan:

    weh dabr itu keren kayaknya🙂

  2. ganang mengatakan:

    For security reasons, we no longer allow custom Options for .htaccess file.
    Just comment out the lines starting with Options, php_value or php_flag and your script will work without problem.

    itu kenapa ya gan ??? T.T

    reply by email ya🙂 thnx

  3. M. Fadhly mengatakan:

    saya juga bikin…🙂

Tinggalkan Balasan

