7 Trik Dasar Google+

Beberapa waktu lalu raksasa internet Google meluncurkan sebuah media sosial bernama Google+, dibaca Google Plus. Google melakukan ini setelah sempat beberapa kali mencoba terjun di dunia media sosial yang berujung gagal. Di awal-awal peluncurannya, Google+ tidak bisa langsung digunakan oleh pengguna biasa. Hanya orang-orang tertentu yang diundang (invite) saja yang sudah bisa mulai mencicipi mainan baru ini. Google menamakan masa-masa percobaan ini sebagai field test. Kebanyakan yang diundang adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia IT dan media sosial.

Tentang apa itu Google+, kita bisa dapat informasinya di Google Blog. Di sana dijelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di Google+ disertai dengan videonya. Google juga menyediakan demo Google+ di sini.

Hari ini saya kebetulan dapat undangan dari teman saya yang sudah lebih dulu dapat undangan. Kenapa ia bisa dapat undangan? pastinya dari temannya, temannya dari teman yang lain, dan seterusnya dari temannya yang dapat undangan langsung dari orang-orang Google. Inilah kekuatan media sosial. Mungkin tanpa harus membuka Google+ secara bebas untuk beberapa waktu ke depan, Google+ sudah bisa mendapatkan banyak anggota karena banyak orang yang penasaran. Saya yang juga penasaran dengan media sosial yang katanya siap mencoba menjatuhkan dominasi Facebook ini, langsung saja mencobanya dan mulail mengedit profil, menambah teman, mengupload foto, dan lain-lain.

Cari-cari dan menjelajah tentang Google+ lewat google, saya dapat 7 dasar, mungkin lebih tepatnya trik dasar dalam menggunakan Google+. Berikut ini adalah 7 dasar Google+ yang bisa dipelajari.

  1. Bold, italic dan srikethrough. Google menyediakan fitur format teks sederhana berupa *bold*, _italic_, dan -stikethrough-.
  2. Menandai (tag) teman di entri yang kita terbitkan. Seperti media sosial yang lain, kita dapat menyebutkan teman di dalam entri yang kita buat dengan cara mengetik “+” atau “@” diikuti nama yang dimaksud. Akan ada menu drop-down memunculkan nama-nama yang dapat kita pilih
  3. Menggunakan permalink. Setiap entri yang kita terbitkan memiliki permalink agar dapat mempermudah melihatnya di halaman tersendiri. Click timestamp pada sebuah entri dan kita akan dibawa ke halaman tersendiri yang menampilkan entri tadi.

  4. Membagikan entri di Facebook dan Twitter. Untuk dapat melakukannya, kita harus menggunakan ekstensi Chrome  Extended Share for Google Plus, yang berarti browser yang kita gunakan harus Google Chrome. Setelah terpasang di Chrome, kita dapat melihat opsi “Share 0n…” di bawah setiap entri.

  5. Edit Foto. Google+ menyediakan beberapa fasilitas edit foto sederhana. Untuk dapat melakukannya kita cukup membuka koleksi foto yang kita punya. Klik “actions” > Edit photo

  6. Mengirim pesan pribadi. Di facebook kita bisa menggunakan fasilitas Messages untuk berkirim pesan secara pribadi. Sedangkan di Twitter kita dapat menggunakan DM atau Direct Messages. Di Google+ untuk berpesan-pesanan secara pribadi cukup dilakukan dengan me-“mention” orang yang dimaksud dan mengatur siapa saja yang bisa melihat entri yang diterbitkan.

  7. Mengirim email dari profil. Kita dapat mengizinkan orang untuk mengirim email secara langsung dari profil kita. Buka profil, dan pilih “Edit Profile”. Di bawah foto akan ada tombol “Send an email” yang disamarkan. Klik tombol tersebut dan pilih ” Allow people to email me from a link on my profile”. Kita juga dapat merubah pengaturan privasi.

sumber: howto.cnet.com

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

5 Responses to 7 Trik Dasar Google+

  1. Ariel Davonar mengatakan:

    tengyu inponya- sangat membantu

  2. Ping-balik: Contekan Google+ « Blognya Wega Clubban

  3. diazprasetyo mengatakan:

    nais weg, membantu mengenal google plus banget lah haha

  4. Ping-balik: BLOG sepi? Jangan datang ke sini! « Blognya Wega Clubban

  5. Dwi Ismiyana Putri mengatakan:

    bisa tambah banyak koleksi akun pribadi.. ihiiww xD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: