+1 Button di WordPress.com

google+1buttonBerhubung lagi hangat-hangatnya Google+ saya masih ingin membuat tulisan yang ada hubungannya dengan Google, yaitu tombol +1. Beberapa waktu sebelum peluncuran Google+, google lebih dahulu mengenalkan tombol +1. Tombol ini kira-kira sama dengan tombol like di facebook yang artinya menyukai atau mendukung atau merekomendasikan isi sebuah halaman web. Tombol +1 ini berguna dalam meningkatkan kualitas hasil pencarian search engine Google. Hasil pencarian diharapkan lebih relevan dengan hadirnya rekomendasi yang didapat dari tombol +1 ini.

Saya yang masih menjelajah dan mencoba-coba bermain dengan Google+ ingin sekali kalau setiap tulisan yang saya buat di blog worpress.com ini dapat langsung dibagikan lewat account Google+ saya selain di Facebook dan Twitter. Saya juga ingin pembaca yang menyukai tulisan saya (seandainya ada) dapat langsung merekomendasikan isi blog ini. Nah, tombol +1 inilah jawabannya. Sempat bingung bagaimana cara memunculkan tombol +1 di tulisan yang saya buat, akhirnya saya temukan juga caranya. Cukup mudah dan cara ini berlaku juga untuk memunculkan tombol-tombol sharing yang lain seperti twitter, facebook, dan lain-lain. Caranya adalah sebagai berikut.

Masuk ke wordpress account dan langsung saja menuju halaman admin.

Di menu bar di bagian kiri halaman admin,  pilih menu Setting, sub menu Sharing. Di halaman Sharing Setting akan kita temui beberapa dua bagian, yaitu Publicize dan Share Button. Nah, tombol +1 yang ingin kita munculkan ada di bagian Share Button.

Sharing Setting

Di bagian share button ini tersedia tombol-tombol yang ingin kita munculkan di bawah setiap posting. Untuk memunculkan tombol +1, cukup drag and drop tombol +1 yang bisa kita temui di bagian Available Services ke bagian Enabled Services. Selanjutkan kita bisa mengatur gaya tampilan tombol-tombol tadi,  sharing label, halaman yang dibuka bila link diklik, dan di mana saja kita ingin menampilkan tombol ini. Kalau sudah selesai dengan pengaturan, jangan lupa untuk menyimpan dengan klik men-klik Save Changes.

Inilah tampilan posting yang sudah ditambahi tombol +1.

+1 button

Nah, kalau suka tulisan ini jangan ragu dan jangan takut untuk menekan tombol +1 di bawah.

Perihal wegaclubban
Seorang anak manusia yang suka bermain dan belajar karena belajar, bermain, dan berdoa itu kewajiban kita sebagai generasi penerus kehidupan. Lakukanlah apa yang kita cintai dan cintailah apa yang kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: